King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) -Beasiswa Saudi Arabia

11:55 PM
 Deadline Beasiswa: 01 November 2013 dan 15 januari 2014



Beasiswa (Fellowship)
Beasiswa yang diberikan oleh KAUST berjumlah:
  • Uang saku bulanan: 25000 USD/tahun, naik menjadi 30000 USD/tahun setelah lulus melewati kandidasi PhD/lulus ujian kualifikasi PhD)
  • Rumah tinggal, Asuransi kesehatan, Tiket pesawat pulang pergi ke Indonesia
    • Rumah tinggal: disediakan rumah yang sudah dilengkapi dengan furniture lengkap (tempat tidur, lemari, meja), TV, internet, AC, kamar mandi dalam, kulkas, microwave, mesin cuci, mesin pengering pakaian dll.
Selain keuntungan materiil berupa beasiswa yang telah dijelaskan diatas, banyak keuntungan keuntungan non-material lain yang dapat diperoleh, antara lain:
  • Memiliki kesempatan research dengan professor-professor ternama di dunia, berkolaborasi research dengan perusahaan perusahan besar di dunia seperti Saudi Aramco, Boeing, Sabic, Schlumberger dll,  serta akses menggunakan fasilitas research yang paling mutakhir. Dengar 10 milliar dollar hasil dari sumbangan Raja Abdullah, kampus ini dapat menggiurkan banyak professor ternama dengan renumerasinya dan membeli fasilitas-fasilitas research yang mahal.
  • Bagi mahasiswa muslim, kamu berkesempatan mengunjungi tempat-tempat suci dalam Islam seperti Makkah dan Madinah. KAUST menyediakan jasa transportasi bus secara gratis untuk mengunjungi tempat tersebut bagi yang mau Umrah.
  • Lingkungan hidup yang penuh dengan bahasa Inggris. Disini kamu bisa berlatih dan semakin menyempurnakan bahasa Inggris kamu. Tidak butuh sama sekali untuk dapat berbahasa Arab.
Persyaratan umum:
  • IPK (Indeks Prestasi Kumulatif): KAUST tidak menentukan batasan IPK minimum agar dapat diterima.  IPK rata-rata dari mahasiswa yang diterima di KAUST saat ini adalah 3.7 (data dari website resmi KAUST). Berikut statistik IPK mahasiswa Indonesia yang diterima di KAUST (data diperoleh melalui sampling 13 mahasiswa)
    • Untuk pendaftar studi Master:
      • IPK minimum : 3.30/4.0, IPK rata-rata: 3.67/4.0
    • Untuk pendaftar studi PhD:
      • IPK minimum S1: 3.10/4.0, IPK rata-rata: 3.46/4.0
      • IPK minimum S2: 2.90/4.0, IPK rata-rata: 3.64/4.0
  • Kemampuan Berbahasa Inggris: KAUST mensyaratkan nilai minimum TOEFL IBT 79, nilai minimum IELTS 6. Hanya TOEFL iBT atau IELTS resmi yang diterima (yang harganya sekitar 150-an USD), bukan TOEFL prediction atau institution. Nilai rata-rata TOEFL dari seluruh mahasiswa yang diterima KAUST hingga saat ini adalah 96/120. Berikut statistik nilai TOEFL dan IELTS mahasiswa Indonesia yang diterima di KAUST (sampling 13 mahasiswa):
    • TOEFL iBT: nilai minimum: 83/120, nilai rata-rata: 93/120
    • IELTS: nilai minimum: 6.0, nilai rata-rata: 6.25
  • GRE (Graduate Record Examination): KAUST sangat menganjurkan pendaftar untuk menyertakan nilai GRE, tetapi tidak diharuskan . Dari sampling 13 mahasiswa Indonesia yang diterima di KAUST, ternyata hanya 1 orang yang mengumpulkan nilai GRE.
  • Hasil scan dari Transcript S1 dan S2. Hasil scan di upload ke sistem applikasi online. Setelah dinyatakan diterima oleh KAUST, hardcopy transcript harus dikirim lanngsung ke KAUST oleh kampus yang mengeluarkan transkrip.
  • Mengumpulkan Statement of Purpose yang isinya motivasi, persiapan, riset yang kamu minati, dan rencana masa depan kamu. (intinya ngebacot 1 halaman, kamu yakinkan KAUST mengapa mereka harus nerima kamu ( iam gifted student, highly talented, enriched with experience in your research field bla bla bla)
  • Surat rekomendasi dari 3 dosen/professor kamu yang isinya menjelaskan kamu, keahlian kamu, prestasi kamu dll. Jadi intinya harus orang yang benar2 dekat sama kamu (gk harus pak rektor kok kkk). Di submit online, jadi gk perlu ngirim2 pake pos.
Siapa saja yang boleh mendaftar? (Eligibility)
Pada dasarnya semua orang yang memenuhi syarat syarat diatas, boleh saja mendaftar. Namun, karena lokasi kampus KAUST yang terletak di negara Arab Saudi yang identik dengan Islam, berikut akan ditekankan beberapa hal tentang siapa saja yang boleh mendafatar:
  • Siapa saja boleh mendaftar, baik Muslim maupun Non-muslim. Tidak akan ada permasalahan agama pada kampus ini. FYI, lebih dari 50 persen kampus ini dipenuhi oleh warga Bule dari Eropa, Amerika, Meksiko, India, Filipina, dan Cina. Jadi bisa dipastikan tidak akan ada permasalahan agama apalagi dipaksa untuk pindah memeluk suatu agama tertentu. Sampai saat ini, ada 3 mahasiswa Indonesia non-muslim dan telah lulus dari KAUST (Kesempatan terbukan bagi muslim maupun nonmuslim). Jadi, jangan ragu bagi yang nonmuslim untuk mendaftar.
  • Laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat diterima. Penekanan untuk pendaftar wanita, wanita tidak harus didampingi Mahramnya sewaktu kuliah disini (Tidak harus menikah dahulu atau membawa suami).
  • Tidak ada perbedaan kesempatan antara calon mahasiswa yang belum atau sudah berkeluarga. Bahkan, untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarganya akan diberikan fasilitas lebih, seperti rumah tinggal yang lebih besar dan tiket pesawat pulang pergi yang juga mengcover tiket pesawat untuk anak dan istri/suami.
Bagaimana cara daftarnya?
Pada prinsipnya, proses pendaftaran dimulai dengan pencarian calon profesor pembimbing S2/S3 kita. Biasanya calon mahasiswa memulai perburuannya dengan browsing website KAUST dan melihat lihat profil profesor yang memiliki bidang penelitian yang cocok dengan minat dan latar belakang penelitian calon mahasiswa.
Ketika sudah menemukan calon profesornya, langsung aja hubungi beliau yaitu kirim email dan tanya apakah beliau tertarik untuk merekrut murid baru
tips: ada beberapa teman disini, mereka tebar email ke banyak profesor, untuk memperbesar peluang mereka diterima. bahkan ada yang malah dibalas oleh 3 profesor sekaligus sampe bingung milih profesor yang mana.
Selanjutnya, biasanya setelah prof balas email, mereka akan minta untuk ngatur jadwal interview. Kalau mereka tertarik dengan kamu, mereka akan minta kalian daftar online.

Batas Akhir Pendaftaran (Application Deadline)
Normalnya, untuk yang ingin memulai kuliah pada Januari, deadline pendaftaran ialah pada 1 November (hanya dibuka untuk Program PhD/S3). Untuk yang ingin memulai kuliah pada September, deadline pendaftaran pada 15 January (terbuka untuk Master dan PhD). Pengumuman berkisar sekitar 2 atau 3 bulan setelah deadline pendaftaran.
Catatan: Beasiswa diterima dalam Saudi Arabi Riyal (SAR).