Hakikat dan Sifat Keingintahuan Manusia

1:57 AM



  Oleh: AHM
Salah satu makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang paling sempurna dan paling mulia dari semua makhluk adalah manusia yang diberikan tugas atau amanah mengelola dan memelihara alam semesta ini, untuk itulah amanah tersebut harus selalu dijaga dengan sebaik-baiknya. Kemuliaan dan kesempurnaan penciptaan manusia sebagai khalifah di muka bumi, tiada lain disebabkan karena diberikan akal untuk  berpikir danbernalar, dan diberikn nurani untuk selalu berbuat dan bersikap bijak, baik terhadap diri sendiri, sesama makhluk maupun terhadap lingkungan sekitarnya.

Manusia yang melakukan refleksi menyadari bahwa ia makhluk yang berdimensional dan bersifat unik. Manusia menjadikan dirinya yang bertanggung jawab pada eksistensinya dengan brbagai macam dimensi tersebut. Manusia dalam eksistensinya sebagai Al-insan, Al-basyar, ‘Abdullah, Annas, dan Khlalifah. Manusia dalam eksistensi tersebut dikarenakan potensi yang berada dalam diri manusia seperti intelektualitas, biologis, spiritual, social, dan stetika. Sifat dari manusia tersebut adalah makhluk yang kreatif, dan makhluk bersejarah dengan diliputi nilai-nilai kemuliaan dan transendensional yang selalu  menuju kepada kesempurnaan. Hal  tersebut menjadikan manusia memiliki sifat dan karakteristik  profetik.

Manusia adalah makhluk yang lemah dibandingkan makhluk lain namun dengan akal budi dan kemauannya yang sangat kuat yang dimilikinya, maka manusia dapat menggunakan ilmu pengetahuan Teknologi, dan Seni dan mengembangkannya untuk tujuan hidupnya. Dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi manusia dapat hidup dengan lebih baik lagi dan dengan Seni akan selalu terjaga dan tercipta harmonisasi manusia dengan dirinya, dengan makhluk hidup lain dan juga dengan lingkungan aam semesta. Akal budi dan kemuannya yang sangat kuat itulah yang merupakan sifat unik dari manusia. Lebih lengkap karakteristik atau ciri-ciri umum manusia sebagai mahluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah sebagai berikut:

a)      Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya.
 b)      Mempunyai jiwa naluri, nalari, ruh, dan hati yang sangat khas.
 c)       Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat didalam tubuhnya. 
d)      Tingkat reversibilitas sitem tubuh manusia sagat ideal. 
e)      Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan dari luar. 
f)       Memiliki potnsi untuk bekembag biak. 
g)      Tumbuh dan bergerak. 
      h)    Berinteraksi dengan lingkungannya. 
        i)     Bersifat fana atau kematian.